RSS

FX8 Modification

17 Sep

FX8 adalah rancangan APEX di diyaudio.com yang memakai input LTP, pembalik fasa dan VAS simetris dengan output lateral mosfet. Saya memodifikasinya agar THD lebih kecil dan slew rate lebih tinggi. Ini simulasi dari modifikasi saya. Kemudian saya membuat layout PCB seperti ini. Kemudian salah seorang anggota diyaudio.com yang nickname-nya Prasi, merapikan layout saya sehingga menjadi seperti ini dan ini.

Layout PCB dari Prasi pertama kali dites oleh anggota diyaudio.com, Xrk971 pada thread tersebut. Dia juga membandingkan beberapa amplifier sederhana dengan cara merekam suara dari speaker dan FX8 ini memiliki cacat yang paling rendah. Xrk971 juga meng-upload rekaman suara dari speaker yang memakai amplifier-amplifiernya termasuk FX8 yang bisa di download di sini. Dari komentar-komentar pada thread tersebut, banyak yang suka karakter suara yang dihasilkan oleh FX8.

Ada satu lagi anggota diyaudio.com (orang asing) yang membuat FX8 ini tapi saya lupa namanya. Beberapa teman saya juga sudah mencoba FX8 ini, misalnya Charlie Elang, Wawan Dermawan, dan Waluyo Jonoperwito.

Terakhir, saya membuat modifikasi agar cacat H2 nya lebih besar dengan menambah resistor 100K ohm di basis-collector transistor VAS dan sudah dicoba oleh Wawan Dermawan dan Waluyo Jonoperwito. Mereka lebih suka dengan modifikasi ini.

Jika Anda tertarik membuatnya dan tidak mau repot-repot membuat PCBnya, silakan hubungi Daniel Suroyo.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17 September 2016 in Audio, Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: