RSS

Membedah Amplifier Juara I Kompetisi Chip Amplifier

08 Agu

Sebuah group Facebook yang dinamakan “DIY AUDIO CHIP AMPLIFIER” telah mengadakan kompetisi DIY CHIPAMP BLIND TEST pada tanggal 6 Agustus 2016. Adapun yang dinilai adalah sebagai berikut: tonal, sound stage, dan image. Perangkat yg digunakan untuk pengujian:
– Speaker:
— AudioKitchen, Impedance nominal 8 ohm, Sensitivity 86dB/WM, Bandwidth freq. 60-20,000Hz

– Kabel RCA: Vermouth Seranede Balance Interconnect
– Kabel Speaker: Vermouth Seranede II with Rhodium Banana to Banana
– Payer(Source): DAC Ifi micro iDSD

PosterKompetisi

Foto-foto dan pembahasan tentang kompetisi tersebut, bisa dibaca pada group tersebut. Namun di sini akan dibahas rancangan juara pertama, yang di raih oleh Sdr. Cahyana Kuhminarta yang memakai IC LM3886 mode non-inverting. Fotonya sebagai berikut:

 

ChipampJuara1

Rancangan tersebut terdiri dari: trafo toroid, PSU (Power Supply), CMBJT (Capacitance Multiplier Bipolar Junction Transistor), GC LM3886, dan Speaker Protector. Yang tidak biasa adalah pemakaian CMBJT.

Fungsi CMBJT adalah mengurangi tegangan ripple power supply menjadi sangat kecil. Tegangan outputnya tidak teregulasi, sehingga tegangannya akan turun jika arus bebannya meningkat, namun tegangan ripple nya tetap sangat kecil. Capacitance multiplier yang populer saat ini di diyaudio.com adalah rancangan PMI yang merupakan penyederhanaan dari rancangan Mr. Evil yang memakai output Mosfet. Namun saya ingin membuat rancangan dengan transistor yang mudah didapat dan murah. Maka jadilah CMBJT ini.

CMBJT tersebut sudah dicoba pada beberapa amplifier misalnya F5 rancangan Nelson Pass, Blameless 100 dan Perkutut amplifier rancangan saya dengan hasil yang sangat memuaskan. Umumnya terjadi peningkatan kualitas suara pada frekuensi mid dan high secara signifikan.

CMBJT tersebut bisa didapatkan di tokopedia, juga tersedia CMBJT yang tergabung dengan power supply pada satu PCB. Silakan hubungi seller-nya yaitu Daniel Suroyo.

Selamat buat para pemenang. Semoga ajang kompetisi ini bisa menjadi ajang tahunan agar kreativitas bangsa Indonesia lebih meningkat.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 8 Agustus 2016 in Uncategorized

 

2 responses to “Membedah Amplifier Juara I Kompetisi Chip Amplifier

  1. kokomel

    26 November 2016 at 19:58

    mau tanya pak dalam kit CMBJT terdapat 4 elco 470Uf & 4 elco 22Uf, misalkan ninai elco saya naikan misalkan 470Uf jadi 1000Uf & 22Uf jadi 100Uf, apakah akan mempengruhi hasil pak ??…

     
    • anistardi

      30 November 2016 at 20:00

      22uF diganti 100uf lebih baik tapi waktu ON nya lebih lama.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: