RSS

Simulasi 12AU7 SRPP Pre-amp

23 Nov

Kali ini saya akan mensimulasikan pre-amp triode 12AU7 dalam rangkaian Shunt Regulated Push-Pull (SRPP). Schematic-nya saya ambil dari sini.

12AU7 SRPP Preamp

THD pada sinyal output 1Vp 1kHz sebesar  0.173817%.

12AU7 SRPP PreampTHD1k

THD pada sinyal output 1Vp 20kHz sebesar  0.173724%.

12AU7 SRPP PreampTHD20k

Terlihat harmonik profilnya bahwa harmonik kedua dominan dan harmonik lainnya hampir tidak ada. Ini menyebabkan suara lebih merdu daripada aslinya.

Cacat intermodulasi dengan metode CC-IF seperti ini:

12AU7 SRPP Preamp IMD CCIF

Sedangkan Signal to Noise (S/N) Ratio seperti ini:

12AU7 SRPP Preamp SNR

Slew ratenya sebesar 96V/µS, sangat tinggi untuk sebuah pre-amp.

Bacaan lebih lanjut tentang SRPP ada di sini.

 
13 Komentar

Ditulis oleh pada 23 November 2014 in Audio

 

Tag:

13 responses to “Simulasi 12AU7 SRPP Pre-amp

  1. kf

    29 November 2014 at 09:46

    Mohon penjelasan apa yang dimaksud dengan DINAMIC RANGE yang satuanya db, semakin besar db semakin bagus atau sebaliknya

     
  2. kf

    29 November 2014 at 09:51

    Mohon saran, apakah berlebihan jika saya akan membeli soundcard ASUS ESSENCE STX dgn harga 2jutaan yang akan saya gunakan untuk mengukur unit audio dengan spec sbb :

    Output Signal-to-Noise Ratio (A-Weighted) (Front-out) :
    124 dB
    Output Signal-to-Noise Ratio (A-Weighted) (Headphone-out) :
    117 dB
    Input Signal-to-Noise Ratio (A-Weighted) :
    118 dB
    Output THD+N at 1kHz (Front-out) :
    >0.0003 %(-110 dB)
    Output THD+N at 1kHz (Headphone-out) :
    >0.001 %(-100 dB)
    Frequency Response (-3dB, 16bit/44.1KHz input) :
    10 Hz to 90 KHz
    Output/Input Full-Scale Voltage :
    Line output (RCA, 3.5) : 2 Vrms (5.65 Vp-p)

     
  3. kf

    29 November 2014 at 09:56

    misalkan sebuah soundcard saya uji dengan hubungan LOOPBACK (IN soundcard saya hubungkan ke OUT SOUNDCARD) dengan hasil THD sebesar 0.04%,
    Kemudian saya menguji sebuah power audio dgn soundcard tersebut dgn hasil THD sebesar 0.8%, berapakah THD unit power audio tersebut ??

    Terima-kasih atas semua penjelasannya.

     
  4. kf

    29 November 2014 at 10:11

    Misi pak, nambah pertanyaan lagi, apa yang dimaksud frequency response :
    from 40hz to 15khz = -0,09, +0,09

     
    • anistardi

      29 November 2014 at 11:25

      Maksudnya perbedaan penguatan tegangan(gain) dari frekuensi 40hz – 15khz adalah +-0,09dB. Gain dlm dB = 20 x log (gain) .

       
  5. kf

    30 November 2014 at 12:52

    Trimakasih pak, penjelasannya singkat namun mengena pada yang yang saya tanyakan, untuk pertanyaan saya yang lain gimana pak ?

    “Mohon penjelasan apa yang dimaksud dengan DINAMIC RANGE yang satuanya db, semakin besar db semakin bagus atau sebaliknya”

     
    • anistardi

      30 November 2014 at 13:16

      Dynamic range adalah perbandingan antara sinyal dgn amplitudo terbesar dgn tegangan noise nya. Sinyal dgn amplitudo terbesar adalah sinyal sebelum clipping, umumnya saat THD mencapai 0,1% untuk sistem yg memiliki THD yg kecil. Rumusnya: 20 x log (sinyal/noise). Jadi rumusnya sama kaya S/N ratio, yg membedakan adalah referensi tegangan sinyalnya.

       
  6. kf

    30 November 2014 at 16:31

    trimaksih pak atas jawabannya, saya pahami dulu namun saya sudah punya gambaran awal dari jawaban bapak….

     
  7. kf

    30 November 2014 at 16:38

    Sepertinya jawabannya masih belum memuaskan saya paka, berikut ada link contoh hasil pengukuran dengan RMAA 6

    http://www.guru3d.com/articles-pages/asus-xonar-d2x-sound-card-review,6.html

     
    • anistardi

      30 November 2014 at 16:49

      Definisi dinamik range: http://en.m.wikipedia.org/wiki/Dynamic_range Perbandingan sinyal paling kecil dan sinyal paling besar. Sinyal paling kecil ya sedikit lebih besar dari tegangan noisenya. Sedangkan sinyal paling besar adalah sinyal sebelum clipping. Dynamic range sendiri saya belum pernah mengukur, krn tidak penting pada produk yg saya buat. Sedangkan S/N ratio saya sudah pernah mengukur sendiri.

       
  8. kf

    30 November 2014 at 16:46

    angka dynamic range menunjukkan angka yang besar dan bernilai positif, mohon penjelasan pak, thx atas penjelasannya.

     
  9. kf

    30 November 2014 at 23:31

    makasih pak, saya paham definisinya, sekarang tinggal pertanyaan lanjutannya, untuk apa kira2 dynamic range perlu diukur ?? saya yakin bahwa dynamic range merupakan parameter yang menentukan kualitas sebuah system audio, karena banyak peralatan yang menyertakan parameter tersebut.

     
  10. riyan

    17 Agustus 2015 at 01:21

    Selamat malam Pak Anistardi. Perkenankan saya yang masih awam di bidang ini mohon pencerahan. Setelah beberapa hari mencari referensi 12AT7 SRPP preamp ternyata saya masih saja bingung. Karena yang saya temukan kebanyakan menggunakan tabung 12AU7 & 12AX7. Yang ingin saya tanyakan, apabila skema di atas diaplikasikan untuk 12AT7. Bagaimana dengan nilai komponennya? Tetap sama atau berubah sesuai dengan karakteristik tabung yang dipakai? Mungkin Pak Anis punya skema preamp SRPP yang khusus untuk 12AT7, akan sangat membantu newbie seperti saya Pak. Sebelum & sesudahnya terima kasih ya Pak.

    Salam

     

Tinggalkan Balasan

 
