RSS

Amplifier Yang Simetri

22 Feb

Belum pernah dengar amplifier yang simetri? Kalau kita perhatikan amplifier VSSA dan NX amplifier yang saya jelaskan pada blog ini, terlihat bahwa dari input sampai ke output, bagian “positif” dan bagian “negatif” persis sama. Seperti ada cermin di tengah-tengahnya. Memang semua amplifier dengan topologi umpan balik arus, semuanya simetri. Coba kita perhatikan amplifier dengan Lin topologi yang dijelaskan pada blog ini juga. Penguat diferensial (LTP) dan VAS tidak simetri. Hanya bagian output yang simetri.

Amplifier yang tidak simetri mengalami masalah ketidaksamaan antara positif slew rate dan negatif slew rate (baca artikel tentang cacat pada audio amplifier). Douglas Self pengarang buku tentang amplifier juga mengalami kesulitan untuk membuat amplifier dengan Lin topologi memiliki positif dan negatif slew rate yang sama. (Pada bukunya yang terbaru yaitu edisi ke-6, Douglas Self sudah berhasil membuat Lin topologi memiliki slew rate positif dan negatif yang hampir sama). Pada tahun 1979, Profesor Leach membuat amplifier yang simetri dengan topologi umpan balik tegangan. Amplifier ini terkenal dengan sebutan Leach Amplifier.

Leach amplifier memiliki LTP simetri, VAS simetri dan output yang simetri. Amplifier yang simetri dapat dengan mudah memiliki slew rate yang tinggi. Jika kita membuat slew rate tinggi pada salah satu bagian, maka bagian lain selalu mengikuti karena sifatnya yang simetri. Pada amplifier yang tidak simetri, jika kita membuat slew rate tinggi pada salah satu sisi, maka sisi lain tidak akan mengikuti.

Di bawah ini saya berikan contoh sederhana amplifier yang simetri yang menggunakan umpan balik tegangan. Gambarnya ada di bawah ini.

 IPS

Hasil simulasi didapatkan, Phase Margin sebesar 69 derajat, Gain Margin sebesar 20 dB. Jadi amplifier ini stabil. Spesifikasinya adalah sebagai berikut:

Cacat (THD) pada 1 kHz

0.004783%

Pada 43W rms, 8 Ohm

Cacat (THD) pada 20 kHz

0.018156%

Pada 43W rms, 8 Ohm

Slew rate

97 V/µS

Tanpa C2

Respon frekuensi sinyal kecil 1,5 Hz – 2,3 MHz tanpa C2, dan 1,5 Hz – 670 kHz dengan C2.

Slew rate sebesar 97 V/µS akan menghasilkan respon frekuensi sinyal besar 1,5 Hz – 490 kHz. Sinyal keluaran akan terpotong pada tegangan +-31,5V pada beban 8 Ohm, sehingga daya maksimumnya adalah 62 Watt rms.

Iklan
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 22 Februari 2014 in Audio, Uncategorized

 

Tag: , , ,

One response to “Amplifier Yang Simetri

  1. minions paradise cheats

    1 November 2015 at 00:11

    In case you liked this brief article and you would like to
    obtain extra details as regards to Minions Paradise Cheats please visit our internet-page.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: