RSS

Belajar (Pemograman) Itu Gampang!

30 Nov

Belajar itu sesuatu yang menyenangkan, jika kita memang ingin tahu dan kita suka kepada hal yang kita pelajari. Dengan demikian belajar juga akan menjadi lebih mudah. Ada juga sesuatu yang bikin belajar menjadi lebih cepat, yaitu terpaksa. Dari bayi hingga akhir hayat kita terus belajar. Memang sudah ditakdirkan kalau manusia itu punya sifat ingin tahu.

Umumnya orang Indonesia (setidaknya yang saya kenal dan tahu), punya ketakutan terhadap pemakaian tehnologi alias gaptek. Untuk belajar pemograman, rasa takut mencoba terhadap tehnologi ini harus dihilangkan. Tehnologi bila digunakan secara baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Hambatan kedua adalah cara belajar dengan menghafal. Mungkin ini dipengaruhi dengan sistem pendidikan negara kita. Pemograman itu memerlukan penalaran yang kuat, biarkan pekerjaan menghafal kita serahkan kepada mesin (komputer, tablet, smartphone: alat-alat ini memiliki media penyimpan dari beberapa GB sampai TB). Biasakan mengajukan pertanyaan “mengapa“.

Konsep dasar pemograman itu logika dan penguasaan diagram alur (flow chart). Sekali kita menguasai konsep dasar pemograman, untuk belajar pemograman dengan bahasa apapun akan sangat mudah. Secara garis besar, perbedaan antara bahasa pemograman terletak pada istilah dan cara penulisan (syntax). Misalnya kontrol program “jika ini maka itu”:

Dalam bahasa C:

if (ini)

{

itu();

}

Dalam bahasa Basic (VB script, VB, VB.NET):

if ini then

itu

end if

Selanjutkan yang perlu kita perdalam adalah keterbatasan-keterbatasan pada bahasa pemograman tersebut dan keterbatasan-keterbatasan dalam ekosistem dimana bahasa pemograman tersebut digunakan (misalnya: Sistem Operasi, hardware). Semakin sering kita menulis program dengan sendiri semakin sedikit kita nyontek referensi (buku, menu “help”, dll.). Biasakan memberikan komentar pada setiap fungsi, procedure, atau baris yang menurut kita merupakan hal yang baru. Ini berguna jika kita ingin mempelajari kembali, sekedar copy-paste, atau untuk keperluan debuging. Untuk pemula, namailah fungsi, procedure, atau variable dengan nama-nama yang informatif yang menunjukkan kegunaannya.

Saya memiliki beberapa pengalaman unik dalam pemograman ini.

Dulu banget, teman adik saya kesulitan dalam membuat program Cliper untuk tugas akhir kuliahnya. Adik saya minta tolong ke saya untuk membantu temannya. Saya belum pernah sama sekali memakai Cliper. Akhirnya saya pinjam buku tentang Cliper di perpustakaan. Tiga hari buku tebal itu saya baca sambil lalu saja. Kemudian saya debuging program yang bermasalah itu. Sambil nyontek buku, akhirnya dalam sehari saya bisa memperbaiki program tersebut sesuai yang diinginkan. Setelah itu saya sudah tidak ingat lagi pemograman Cliper.

Dulu agat banget, di tempat saya bekerja waktu itu ada server unix. Di server itu ada web servernya dan bisa di program pakai bahasa Perl. Iseng-iseng bikin website berupa forum diskusi. Bahasa Perl baru saya pelajari saat itu. Dari waktu belajar sampai jadi websitenya memakan waktu 2 minggu. Setelah itu saya lupa dengan bahasa Perl.

Kemudian ada teman yang ingin membuat project dengan microcontroller PIC dan berkomunikasi dengan PC melalui USB. Waktu itu saya belum pernah sama sekali memakai microcontroller PIC, juga belum pernah tahu cara kerja USB. Dengan membaca datasheetnya maka saya bikin sendiri programmernya. Saat itu belum ada programmer komersial yang bisa memogram microcontroller yang saya pakai, karena microcontroller itu baru, yaitu PIC18F2550. Setelah belajar dan mencoba akhirnya 3 bulan project tersebut selesai.

Dan masih banyak lagi.

Semoga cerita ini memberikan inspirasi bagi yang ingin belajar pemograman.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 30 November 2013 in Uncategorized

 

Tag:

One response to “Belajar (Pemograman) Itu Gampang!

  1. Herman

    1 April 2015 at 13:09

    “Hambatan kedua adalah cara belajar dengan menghafal. Mungkin ini dipengaruhi dengan sistem pendidikan negara kita.”
    “biarkan pekerjaan menghafal kita serahkan kepada mesi”
    “Biasakan mengajukan pertanyaan “mengapa“

    Terimakasih telah berbagi ilmu dan “rahasia”, akan saya sampaikan ini kepada anak saya, semoga bisa tercapai yang dicita-citakannya….cerdas dan pandai, berguna bermanfaat bagi sesamanya…

     

Tinggalkan Balasan

 
