RSS

Tata Letak

21 Mei

Ini tentang arsitektur apa tentang elektronika? Tentu saja tentang elektronika, karena saya sama sekali tidak mengerti tentang arsitektur. Lalu apa hubungannya elektronika dengan tata letak? Erat sekali!

Tahukah Anda cara kerja trafo? Arus bolak-balik di suatu kumparan menginduksi kumparan lainnya. Benar sekali induksi. Induksi ini sangat mempengaruhi kinerja rangkaian elektronik. Banyangkan dua kumparan pada rangkaian crossover diletakkan berdekatan. Apa yang akan terjadi? Tentu saja mereka akan saling menginduksi, jadi rangkaian crossover tidak akan efektif lagi. Lalu bagaimana solusinya? Ubah orientasi salah satu kumparan. Misalnya satu kumparan rebah dan lainnya berdiri, atau jauhkan mereka berdua, atau sekat dengan bahan yang tidak tembus sinyal elektromagnetik. Pernah mendengar suara radio, padahal tidak menyalakan radio? Induksi sinyal radio juga cukup sulit diatasi terutama di daerah yang dekat dengan antena pemancar radio. Satu helai kabel atau suatu jalur tembaga di PCB bisa menjadi antena.

Selain gangguan induksi elektromagnetik ada juga gangguan induksi kapasitif. Dua jalur tembaga atau dua kabel yang berdekatan akan menjadi sebuah kapasitor. Kapasitor bisa meneruskan sinyal bolak-balik tergantung dari frekuensi sinyal tersebut dan besarnya kapasitansi dari kapasitor tersebut. Jangan sekali-sekali mendekatkan sinyal arus besar dengan sinyal arus kecil. Jangan pula mendekatkan sinyal audio kanal kiri dan kanal kanan. Bagaimana jika “terpaksa” jalur sinyal tersebut harus berdekatan? Untuk mengatasi kopling kapasitor, letakkan jalur “ground” di antara keduanya.

Inilah alasan dibalik berbedanya kualitas dari suatu circuit elektronika yang sama, jika di rangkaikan menjadi barang jadi tapi dengan tata letak berbeda. Tentu saja tidak hanya tata letak yang mempengaruhi, tapi tata letak komponen besar sekali pengaruhnya.

Panduan umum untuk membuat tata letak yang baik adalah, jauhkan komponen-komponen mungkin akan saling mempengaruhi baik dari induksi elektromagnetik maupun kopling kapasitansi. Jika tidak memungkinkan untuk menjauhkan, lindungi komponen tersebut dengan bahan anti eletromagnetik atau dengan jalur “ground”. Untuk rangkaian yang memiliki penguatan tinggi dan sinyal yang dikuatkan adalah sinyal kecil (kurang dari beberapa mili volt), perlu diberi “sheilding” atau pelindung dari bahan konduktif yang dibumikan (ground).

Jadi tata letak komponen elektronik dan jalur-jalur tembaga pada PCB bukan hanya mempertimbangkan fungsi dan estetika belaka, namun akan mempengaruhi kualitas hasil akhirnya.

Elektronika bukanlah magic. Ia adalah implementasi dari ilmu fisika. Jika Anda ingin berhasil dalam bidang ini (dan apapun), sudah seharusnya Anda pelajari dasar ilmunya.

Depok, 21 Mei 2013

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 21 Mei 2013 in Audio, Uncategorized

 

Tag: ,

2 responses to “Tata Letak

  1. Taufik

    19 Maret 2015 at 11:06

    terima kasih Pak, sudah berbagi…

     
  2. Thole Rangga

    20 Maret 2015 at 12:59

    Sangat membantu sekali untuk belajar design PCB. Terimakasih untuk artikelnya.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: