RSS

Bagaimana “Seharusnya” Sound System Bersuara?

19 Apr

Begitu banyak sound system beredar di pasaran. Dari yang murah sampai mahal, bahkan ada yang harganya setara dengan mobil mewah. Suara yang dihasilkannya pun berbeda-beda. Apa? Berbeda?

Bagaimana kita memilihnya? Apakah asal saja yang penting dana kita cukup untuk membelinya? Kriteria apa yang menurut kita penting? Kualitas suara? Penampilan? Merk? (Orang Indonesia biasanya menggilai suatu merk. Yang penting terkenal).

Mari kita fokus pada satu kriteria, yaitu kualitas suara. Suara yang bagaimana yang bagus?  Bass “jedug-jedug”? Treble “cring-cring”?.

Sound system yang kita bicarakan ini kita batasi yang digunakan di rumah, bukan untuk panggung, aula, studio, atau lainnya. Sound system rumahan biasanya dipakai untuk keperluan:

1. Mendengarkan musik.

2. Menonton film.

3. Bermain game (game konsol: PS, Wii, XBox atau game PC).

Dari ketiga keperluan di atas masing-masing punya karakter yang berbeda. Menonton film hampir sama karakter yang dibutuhkan dengan bermain game.

Untuk dapat menyajikan musik dengan baik, sound system harus mampu menghasilkan suara sama persis dengan suara alat musik yang direkam. Kita bisa bandingkan dengan rekaman alat musik akustik. Tentu saja rekaman yang baik. Rekaman musik biasanya memakai dua speaker atau stereo. Sound system yang bagus bisa menyajikan kesan seperti kita menonton pertunjukan musik. Posisi tiap-tiap alat musik bisa diidentifikasi secara jelas. Ini yang dinamakan “imaging” atau “staging”.

Sedangkan untuk keperluan menonton film atau bermain game, lebih memerlukan bass yang kuat dan rendah agar bisa menggetarkan dada, menaikkan adrenalin. Suara yang pelan dan tiba-tiba menjadi kencang harus bisa dihasilkan dengan baik. Tentu kita tidak ingin suara tembak-tembakan, ledakan bom, kejar-kejaran mobil kurang greget.

Nah, sayangnya sound system yang bisa menyajikan pertunjukkan musik sebaik pertunjukkan film tidak ada yang murah. Jika kita ingin sound system murah maka kita harus mengorbankan salah satunya.

Depok, 19 April 2013

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 19 April 2013 in Audio, Uncategorized

 

Tag: ,

2 responses to “Bagaimana “Seharusnya” Sound System Bersuara?

  1. Ketut Oka

    3 Oktober 2013 at 08:40

    Artikel tang sangat bagus, saya suka membacanya. Thank you for sharing

     
  2. anistardi

    5 Oktober 2013 at 19:02

    Terimakasih sudah membaca artikel saya.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: